See My Another Photos In Instagram

Kawah Wurung, Shire-nya Bondowoso

Dapat dikatakan saya cukup terlambat mengunjungi kawah yang terletak di Kabupaten Bondowoso ini. Kawah Wurung sudah mulai ramai menjadi bahan diskusi di beberapa forum perjalanan ketika Chef Farah Quinn memilih tempat ini sebagai background lokasi acara memasaknya. Hampir setahun setelah acara tersebut saya baru mendapatkan kesempatan mengunjungi destinasi wisata yang sering disebut zamrudnya Bondowoso ini. Kini akses menuju Kawah Wurung sudah dilengkapi dengan papan penunjuk jalan. Permukaan jalannya pun sudah lumayan rata, hanya beberapa bagian yang masih berbatu makadam. Jika dikatakan rusak mungkin kurang tepat, karena mobil sekelas mini van seperti Avanza dan Inova pun dapat saya temui di lahan parkir.

backpacker bondowoso
Lepas dulu tasnya

Sepeda motor adalah transportasi paling tepat jika Anda ingin mengunjungi Kawah Wurung. Lokasinya yang cukup luas tentu akan menyita semua tenaga anda bila memilih untuk berjalan kaki. Sebenarnya ada jalan yang cukup lebar yang sering digunakan oleh petani sekitar untuk mengangkut hasil panennya menggunakan mobil, tetapi akan menyusahkan jika mobil yang Anda tumpangi harus berpapasan dengan kendaraan petani. Lebih menyenangkan untuk berkendara dengan sepeda motor di tepian kawah, apalagi jika Anda membawa action cam. Jangan khawatir, meskipun ada di tepi kawah, jarak jalan dan jurang kawah masih cukup lebar untuk sekedar memijakan kaki.

Jalan menuju surga memang selalu penuh dengan perjuangan dan ujian

Jika Anda adalah orang yang lebih memilih menikmati pemandangan dengan tenang, saya sarankan untuk memacu kendaraan Anda sedikit lebih jauh dari tempat parkir. Sedikit ke utara (mungkin saya buta arah) akan menempatkan Anda di sisi kawah yang jauh lebih tenang. Lebih sejuk karena berada dibawah deretan pohon khas dataran tinggi. Berayun di atas hammock dan segelas kopi yang masih berasap menjadikan sore itu sangat sempurna. Hangat matahari yang beradu dengan hembusan dingin angin lembah terasa sangat seperti resep yang sangat pas untuk membuang stres. Ribuan tahun yang lalu mungkin disini tidak senyaman sekarang. Batu-batu besar yang terpendam sebatas permukaan tanah adalah bukti bahwa kawah ini dulunya adalah tempat yang ganas, dan sekarang makhluk ini sudah jinak, meninggalkan panorama yang dapat membuat mata sayu hanya dalam hitungan menit. 

hammock
Berdamai dengan alam

Kawah wurung yang dulu hanya dianggap masyarakat sebagai lahan yang hanya dapat dimanfaatkan sebagai lahan menggembala ternak, kini berubah menjadi destinasi murah meriah bagi warga Kabupaten Bondowoso dan sekitarnya. Ceritanya hampir sama dengan destinasi wisata alam lain di Indonesia. Terkenal dulu di dunia maya, dengan branding tempat bagus untuk foto-foto. Memang begitulah adanya, Kawah Wurung memang menyajikan nuansa padang rumput ala desa tempat Bilbo Baggins tinggal. Tiket masuk yang sekaligus untuk biaya parkir seharga Rp 8.000 tentu sangat sebanding dengan pemandangan yang menjanjikan hasil foto yang menakjubkan, itu pun masih ditambah dengan gantungan kunci yang diberikan secara cuma-cuma oleh petugas loket. 

Tiket masuk Kawah Wurung, Unik



BACA JUGA:

0 komentar:

Post a Comment